ULASAN 2: WEEK 05

Ulasan 2: Least Recently Used (LRU)

Pada ulasan kedua ini saya akan mengulas video yang saya peroleh di Youtube dengan link: https://youtu.be/4wVp97-uqr0. Video ini berjudul "Least Recently Used (LRU) Explanation". Video ini diunggah oleh Tech Academy dengan durasi enam menit 34 detik dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 134.000 kali. Tech Academy juga telah memiliki lebih dari 16.000 subscriber.

Video ini  menjelaskan tentang salah satu contoh dari algoritma page replacement, yaitu Least Recently Used (LRU). Cara kerja algoritma LRU adalah ketika ada page request yang ingin dimasukkan ke page frame, page tersebut akan diperiksa terlebih dahulu apakah page tersebut sudah ada di page frame atau tidak. Jika sudah ada, maka akan dilihat page mana yang paling lama tidak digunakan, kemudian page tersebut akan diganti dengan page request yang ingin dimasukkan. Sebaliknya, jika tidak ada, maka page tersebut akan langsung dimasukkan dan akan terjadi page fault.

Page fault adalah page request yang belum ada di RAM. Kekurangan dari penggunaan algoritma LRU adalah overhead, yaitu kita harus mengetahui track dari setiap pages yang telah digunakan. Algoritma LRU juga sulit untuk diimplementasikan dibandingkan dengan algoritma page replacement yang lain.

Menurut saya, video ini sangat menarik. Ilustrasi yang diberikan sangat memudahkan penonton untuk mengerti bagaimana cara kerja algoritma LRU. Penjelasan yang diberikan oleh pengunggah juga mudah dipahami.

Github Account: agnesmelisa
URL Ulasan: http://agnesmls.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-week05.html
URL Video: https://youtu.be/4wVp97-uqr0
Pemetaan: week05
Revisi Pertama: 14 Mei 2017
Revisi Terakhir: 14 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING00

RANKING09

RANKING03